Hal Yang Harus Seharusnya Dilakukan Saat Wanita Curhat

Curhat berasal dari dua kata yaitu curahan hati, curhat merupakan sebuah situasi di mana seseorang membutuhkan seorang teman pendengar yang bersedia mendengarkan ceritanya, baik itu cerita sedih, bahagia, kesal, marah, dll. Ketika seorang wanita datang kepada Anda untuk curhat, artinya ia sedang mempertaruhkan rasa kepercayan dirinya terhadap Anda untuk bisa mendapatkan rasa nyaman. Tidak peduli apakah wanita itu istri, pacar, gebetan, atau sekedar sahabat sekalipun. Sebuah riset membuktikan bahwa rata-rata perselingkuhan yang terjadi di Amerika adalah karena sang suami tidak lagi mau mendengarkan istrinya saat curhat. Banyak pula kasus saat wanita yang curhat tidak merasa nyaman namun malah marah dan terbebani akibat kesalahan respon dari pendengar curhat.


Jangan salah, tidak semua wanita yang curhat ingin diberikan solusi. Anda harus peka dalam membedakan mana curhat yang hanya ingin cerita dan yang minta solusi. Setidaknya, curhat seorang wanita dapat dibagi ke dalam 3 kategori berikut ini :

1. Curhat Ingin Didengarkan
Hampir sebagian besar wanita melakukan curhat jenis ini. Mereka hanya ingin bercerita untuk didengarkan dengan baik. Maka dengarkan baik-baik ceritanya sampai selesai, jangan dipotong di tengah jalan apalagi diberi solusi sebelum cerita selesai. Karena justru dengan memberikan pendapat, bukannya wanita tertarik, ia malah merasa tidak nyaman dan merasa dihakimi. Sebenarnya ia hanya ingin didengarkan dan merasakan empati (rasa peduli) dari kamu. Ia hanya ingin bercerita dan terus bercerita hingga di akhir cerita ia akan menghela napas lega dan menyudahinya.

2. Curhat Ingin Didukung
Jenis curhat ini tidak hanya ingin didengarrkan namun ia juga sangat mengharapkan dukungan dari Anda. Apapun yang ia lakukan harus Anda dukung. Sedikit saja terkesan menyalahkan maka ia akan semakin marah dan memperpanjang penjelasannya hingga Anda mendukungnya. Jadi, jika teman Anda curhat jenis ini langkah terbaik adalah mengangguk mengiyakan, mendukung dengan penuh kepercayaan. Hal ini akan membuat hatinya tenang karena memperoleh dukungan. Biasanya wanita yang melakukan curhat ini sedang dalam masalah pertengkaran. Salah satu cirinya yaitu ditengah curhatnya ia akan memastikan dengan bertanya, "Aku bener kan ngelakuin itu?" atau "Menurutmu dia yang yang salah kan, bukan aku?". 

3. Curhat Ingin Diberikan Solusi
Wanita akan melakukan curhat jenis ini jika ia mengalami masalah yang sangat luar biasa berat. Tak jarang ia telah berada di ujung keputusasaan. Bahkan tak jarang, ia bercerita sambil terurai air mata. Namun, jangan tergesa-gesa memberikan solusi tanpa ia minta. Jadilah pendengar yang baik ketika ia bercerita. Anda bisa menatap matanya ketika ia sedang berbicara dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan ringan seperti “Gimana awal ceritanya?”, “Kenapa bisa begitu?”, “Gimana perasaanmu sekarang?”untuk menggali informasi yang lebih lagi sehingga Anda bisa mengerti dan memahami benar apa yang ia rasakan dan alami pada saat itu. Lalu berikan solusi dan pendapat Anda ketika ia telah meminta seperti, "Jadi aku harus gimana?" atau "Kalau kamu jadi aku, kamu bakal ngapain?" baru berikan solusi dan pendapat Anda.


Jika Anda berhasil memposisikan diri Anda secara baik, maka yakinlah Anda akan menjadi teman curhat favoritnya. Ia tak akan sungkan lagi bercerita dengan Anda, apapun itu. Anda akan menjadi sosok yang dapat dipercaya serta nyaman. Apabila ini dalam rangka mendekati wanita pujaan Anda maka Anda akan berhasil mendapatkan hatinya. Jadi kuncinya adalah dengarkan curhatnya dengan tulus, analisa jenis curhatnya, jangan memberikan pendapat jika diminta dan berikan respon yang sesuai dengan kondisinya. Semoga bermanfaat. 


Sumber gambar by google.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Yang Harus Seharusnya Dilakukan Saat Wanita Curhat"

Posting Komentar