Benarkah Wanita Lebih Cepat Dewasa?

Benarkah wanita lebih cepat dewasa daripada pria? Umumnya di masyarakat kita, wanita cenderung menikah dengan pria dengan usia yang lebih tua. Mengapa? Inilah salah satu bukti bahwa wanita memang lebih dewasa dibandingkan dengan pria dengan usia yang sama.

Alasan yang ditemukan oleh para peneliti di Newcastle University menyebutkan bahwa otak pada manusia lebih cepat mengecil dalam perkembangannya dibandingkan dengan otak laki-laki. Semakin kecil otak maka koneksi antar sel-sel menjadi lebih kecil. Sehingga, mesin pengolahan bekerja lebih ramping dan efisien. Hal inilah yang mendasari mengapa wanita lebih dewasa dibandingkan dengan pria. Nah, selain alasan yang dikemukakan oleh para peneliti tersebut, ada beberapa alasan yang menyebabkan wanita lebih cepat dewasa:

1. Wanita pubertas lebih cepat daripada pria 
Kebanyakan wanita mengalami pubertas di usia antara 9-11 tahun. Sedangkan pria mengalaminya di atas usia 12 tahun. Mencapai pubertas lebih dahulu membuat seorang wanita juga menjadi dewasa secara psikologis.

2. Kondisi sosial dalam masyarakat
Tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi sosial seperti aturan atau norma yang berlaku di masyarakat menerapkan aturan yang berbeda antara pria dan wanita. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh terhadap pembentukan psikologis wanita yang menjadikannya lebih cepat dewasa dari pria.

3. Harapan masyarakat
Sudah menjadi kebiasaan sosial bahwa anak wanita diharapkan bersikap lebih pantas ketika mereka muda dibandingkan dengan anak pria. Tahun-tahun pemaksaan sosial dan tradisi juga memastikan bahwa anak wanita diharapkan untuk dewasa lebih cepat.

Jadi, wanita lebih cepat dewasa bukanlah mitos, namun fakta yang terjadi. Oleh karena itu, jangan heran mengapa wanita lebih bijak, lebih rajin dibanding pria dengan usia yang sama. Namun, kedewasaan bukanlah hanya dinilai dari usia, tapi juga kematangan berpikir. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Wanita Lebih Cepat Dewasa?"

Posting Komentar